Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Membuat Amplop Flanel

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel - Cara Membuat Amplop Flanel. Berikut ini kreasi cara membuat kerajinan tangan sederhana berupa amplop flanel keren.


Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel


Salah satu bahan untuk membuat aneka kerajinan tangan yang sedang naik daun sekarang ini adalah kain flanel. Untuk yang belum tahu apa itu kain flanel, kain flanel adalah salah satu jenis kain yang memiliki jenis serat lembut dan agak tebal.

Karena sifatnya yang tebal tapi lentur dan tidak terlalu kaku dan juga lembut inilah maka jenis kain flanel ini banyak dipakai untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan dari kain flanel. Selain karena sifatnya, kain flanel juga banyak dipakai karena warnanya yang biasanya lembut. Tapi sekarang ini sudah mulai banyak juga jenis kain flanel dengan motif-motif yang menarik.


Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel - Amplop Flanel


Setelah pada beberapa artikel sebelumnya pernah ditulis tentang kerajinan tangan dari kain flanel, pada artikel kita kali ini kita akan membuat salah satu contoh kerajinan tangan yang dibuat dari kain flanel. Kerajinan tangan yang mudah dibuat kali ini adalah amplop flanel.

Apa itu amplop flanel? Amplop flanel adalah salah satu kerajinan tangan sederhana berbentuk amplop kecil yang terbuat dari bahan flanel. Dan walaupun termasuk kerajinan tangan sederhana, tapi gunanya bisa banyak. Amplop seperti yang banyak kita tahu biasanya berupa sebuah wadah dari bahan kertas yang dilipat, yang dipakai untuk mengirimkan surat atau yang lainnya.

Nah amplop yang biasanya terbuat dari kertas kali ini akan kita coba buat dari flanel warna-warni. Dan fungsinya yang untuk mengantarkan surat, juga bisa kita modifikasi untuk mengantarkan undangan atau berbagai ucapan. Dan karena dibuat dari bahan yang berbeda dari biasanya, tentu saja akan menimbulkan kesan unik.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Membuat Amplop Flanel


Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel - Cara Membuat Amplop dari Kain Flanel


Baiklah berikut di bawah ini contoh kerajinan tangan dari kain flanel berupa amplop flanel unik dan lucu, lengkap dengan cara membuatnya :

Baiklah kita mulai membuat contoh kerajinan tangan amplop flanelnya dengan menyiapkan beberapa bahan. Diantaranya adalah beberapa lembar kain flanel. Agar hasilnya lebih bervariasi, pakailah kain flanel dengan beberapa warna yang berbeda, atau lebih baik lagi jika menggunakan kain flanel yang bermotif.

Bahan lainnya adalah kertas karton, pensil, spidol, penggaris, jarum tangan, benang wol warna-warni, dan kancing baju.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Membuat Amplop Flanel 1
Langkah pertama adalah membuat pola amplop pada selembar kertas karton tebal. Gambarlah polanya sesuai dengan bentuk dan ukuran amplop yang diinginkan. 

Langkah kedua adalah menyalin pola yang sudah jadi dari kertas karton ke lembaran kain flannel. Jiplaklah polanya dengan menggunakan ballpoint atau spidol. Setelah pola tergambar dengan baik, potonglah pola pada kain dengan menggunakan gunting.

Langkah ketiga adalah menjahit pola amplop dari kain yang sudah dipotong. Jahitlah secara kasar dengan benang wol untuk memberikan kesan unik. Jahitlah semua bagian kecuali pada tutup amplop.


Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Membuat Amplop Flanel 2
Setelah semua sisi terjahit dengan sempurna, pasanglah sebuah kancing. Gunakan kancing yang ukurannya agak besar utuk memperindah tampilan. Warna kancing boleh berbeda-beda tergantung selera.

Setelah itu jangan lupa untuk menambahkan sehelai benang wo pada bagian tutup amplop. Guna dari benang wol ini nantinya adalah untuk mengancingkan tutup dengan cara mengikatkan benang wol dengan kancing baju.


Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Membuat Amplop Flanel 3
Jika kancing sudah selesai dipasang, sekarang untuk lebih mempercantik tampilan amplop bisa ditambahkan beberapa assesoris tambahan pada bagian depan amplop. Tambahan hiasan bisa menggunakan kain flanel dengan warna yang berbeda.


Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Membuat Amplop Flanel 4
Jika amplop ini nantinya akan dipakai untuk mengirimkan kartu ucapan atau undangan, bisa ditempelkan nama si penerima pada bagian depan amplop. Nama bisa juga dibuat dari flanel yang hurufnya dijahit dengan benang wol. 


Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Membuat Amplop Flanel 5
Jika akan dipakai untuk mengirimkan undangan atau kartu ucapan, buatlah aneka kartu ucapan yang menarik. Usahakan kartu ucapan ukurannya sesuai dengan lebar amplop. Dan pada kartu ucapan juga bisa diberikan hiasan dari flanel.


Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Membuat Amplop Flanel 6
Kalau semua kartu ucapan sudah selesai dibuat, bisa dimasukkan ke dalam amplop dan amplop bisa ditutup dan dikancingkan.


Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Membuat Amplop Flanel 7


VIDEO

Video Cara Membuat Amplop Flanel Dari Kain Flanel


Nah kerajinan tangan sederhana berupa amplop flanel sudah jadi dan siap dikirim. Dan tentu saja anda bisa membuat sendiri kerajinan tangan yang mudah dibuat ini dengan aneka variasi lainnya.


Itulah sedikit kreasi contoh kerajinan tangan dari kain flanel, semoga tips di atas bermanfaat.

No comments:

Custom Search